Sabtu, 15 Juni 2013

ANIMASI STOP MOTION



Stop Motion (juga dikenal sebagai stop frame) adalah teknik animasi untuk memanipulasi objek agar  bergerak sendiri. Tujuannya adalah supaya objek bergerak sedikit demi sedikit antara frame secara individual (foto), menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan sebagai urutan yang kontinu. Untuk kemudahan reposisi ,sering digunakan boneka dengan sendi bergerak atau clay figure dalam stop motion. Animasi stop motion yang menggunakan plastisin disebut animasi tanah liat atau "liat-masi". Tidak semua stop motion membutuhkan tokoh atau model, bisa menggunakan manusia, peralatan rumah tangga dan hal-hal lain untuk efek komedi. Stop Motion yang menggunakan obyek kadang-kadang disebut sebagai objek animasi.
Animasi stop motion yang memiliki sejarah panjang dalam film. Stop motion sering digunakan untuk menunjukkan benda bergerak seolah-olah seperti sihir. Contoh pertama dari teknik stop motion adalah Vitagraph Humpty Dumpty The Circus yang dibuat oleh Albert E. Smith dan J. Stuart Blackton (1897), berisi sirkus mainan akrobat dan hewan hidup. Pada tahun 1902, Fun Film di Toko Bakery menggunakan teknik trik berhenti di "petir patung" urutan. The Haunted Hotel (1907) adalah contoh lain stop motiob oleh J. Stuart Blackton, dan menjadi sukses besar ketika dirilis. Segundo de Chomón (1871-1929), dari Spanyol, dirilis El Hotel electrico akhir tahun yang sama, dan menggunakan teknik serupa sebagai film Blackton.

Dalam film promosi 1940, Autolite (pemasok suku cadang otomotif), membuat  fitur animasi stop motion produknya berbaris pabrik Autolite masa lalu untuk lagu Militer Maret Franz Schubert. Sebuah versi singkat urutan ini kemudian digunakan dalam iklan televisi untuk Autolite, khususnya pada tahun 1950-an CBS Program Suspense, yang disponsori Autolite.
1960 dan 1970

Pada tahun 1960 dan 1970-an, clay animator independen Eliot Noyes Jr  menciptakan teknik "free-form" animasi clay dan masuk nominasi Oscar 1965 (Origin of Species). Noyes juga menggunakan stop motion untuk menghidupkan pasir berbaring di kaca untuk musiknya film animasi Sandman (1975).

Pada tahun 1975, pembuat film dan animasi clay eksperimen Akan Vinton bergabung dengan pematung Bob Gardiner untuk menciptakan sebuah film eksperimental yang disebut Closed Mondays  yang menjadi stop motion pertama di dunia yang memenangkan Oscar. Vinton diikuti dengan beberapa percobaan film pendek sukses lainnya termasuk The Great Cognito, Creation, and Rip Van Winkle yang masing-masing dinominasikan untuk Academy Awards. Pada tahun 1977, Vinton membuat sebuah film dokumenter tentang proses ini dan gaya animasi yang ia dijuluki "claymation", berjudul Claymation dokumenter. Segera setelah film dokumenter ini, istilah adalah merek dagang oleh Vinton untuk membedakan karya timnya dari orang lain, dikenal "animasi clay".
Pasir berlapis animasi wayang yang digunakan dalam pemenang Oscar 1977 Film The Sand Castle, diproduksi oleh animator Belanda-Kanada Co Hoedeman. Hoedeman adalah salah satu dari puluhan animator terlindung oleh Dewan Film Nasional Kanada, pemerintah Film seni lembaga Kanada yang telah mendukung animator selama beberapa dekade.
Disney bereksperimen dengan beberapa teknik stop motion dengan mempekerjakan animator-direktur independen Mike Jittlov untuk membuat animasi stop motion pertama Mickey Mouse
Pada 1970-an dan 1980-an, Industrial Light & Magic sering digunakan stop motion. Model animasi untuk film seperti aslinya trilogi Star Wars Pada tahun 1980, Marc Paulus Chinoy diarahkan membuat film animasi clay pertama terpanjang, sebuah film yang didasarkan pada komik strip Pogo terkenal. Berjudul
I go Pogo. Ditayangkan beberapa kali di saluran kabel Amerika, namun belum akan dirilis secara komersial.

Stop motion juga digunakan untuk beberapa gambar dari urutan akhir dari film Terminator, juga untuk adegan kapal asing kecil di Baterai Spielberg Tidak Termasuk pada tahun 1987, animasi oleh David W. Allen. Kerja stop motion Allen juga dapat dilihat dalam film seperti
The Crater Lake Monster (1977), Q - The Winged Serpent (1982), The Gate (1986) dan Freaked (1993). King Kong komersial Volkswagen Allen dari tahun 1970-an kini legendaris di kalangan penggemar animasi Model.

Variasi  Stop Motion
Stereoscopic stop motion

Stop motion yang sangat jarang ditembak di stereoscopic 3D sepanjang sejarah film. 3D pertama stop motion pendek adalah In Tune With Tomorrow (a.k.a Motor Rhythm) pada tahun 1939 oleh John Norling. Yang kedua stereoscopic stop motion rilis adalah The Adventures of Sam Space in 1955 oleh Paul Sprunck. Yang ketiga dan terbaru di stereo 3D motion The Incredible Invasion of the 20,000 Giant Robots from Outer Space in 2000 oleh Elmer Kaan dan Alexander Lentjes. Ini juga merupakan pertama kalinya stereoscopic 3D stop motion dan CGI singkat dalam sejarah film. Pertama semua stop motion fitur 3D Coraline (2009), berdasarkan novel Neil Gaiman terlaris dan disutradarai oleh Henry Selick. Contoh lain terbaru adalah perangkat lunak Nintendo 3DS Video yang datang dengan pilihan untuk Stop Motion video. Hal ini telah dirilis 8 Desember 2011 sebagai update sistem 3DS. Juga, ParaNorman film dalam 3D stop motion.

Go motion
Variasi lain yang lebih rumit di stop motion adalah Go Motion , dikembangkan oleh Phil Tippett dan pertama kali digunakan pada film The Empire Strikes Back (1980), Dragonslayer (1981), dan film-film Robocop. Go motion terlibat pemrograman komputer untuk memindahkan bagian model sedikit selama setiap paparan setiap frame film, dikombinasikan dengan manipulasi tangan tradisional dari model di antara frame, untuk menghasilkan gerak yang lebih realistis mengaburkan efek. Juga digunakan proses secara ekstensif dalam bukunya 1984 Prasejarah Binatang film, urutan panjang 10 menit yang menggambarkan dinosaurus herbivora (Monoclonius), dikejar oleh karnivora satu (Tyrannosaurus). Dengan rekaman baru Prasejarah Binatang menjadi Dinosaur! Pada tahun 1985, sebuah film dokumenter dinosaurus full-length diselenggarakan oleh Christopher Reeve. Tes Go Motionm mereka Phil Tippett bertindak sebagai model gerak untuk penggunaan foto-realistis pertama komputer untuk menggambarkan dinosaurus di Jurassic Park pada tahun 1993. 

Kelebihan Stop Motion Animation:
- Siapapun dapat membuatnya
- Tidak diperlukan peralatan yang 'wah'. Biasanya menggunakan malam / papercraft / clay
- Kamera
- Tripot

Kelemahan Stop Motion Animation:
- Proses pengerjaan lama
- Konsep harus matang
- Diperlukan ketelitian dan ketelatenan yang tinggi
- Gerak objek terbatas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar